Cegah Penyalahgunaan, Inspektorat Hadirkan Pengelola Keuangan Puskesmas

INSPEKTORAT KAB. BELU – Rabu 16 Oktober 2018, bertempat di Aula Emaus Nenuk, Inspektorat Daerah Kabupaten Belu menggelar sosialisasi dan evaluasi pengeloaan keuangan Puskesmas melalui acara coffee morning.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Cegah Penyalagunaan Dana Bantuan Operasional Puskesmas (BOK) dan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasioanl (JKN) di Puskesmas se-Kabupaten Belu”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud tanggung jawab Inspektorat Daerah selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi pemerintah dalam melayani masyarakat.

Kegiatan coffee morning diselenggarakan dalam suasana santai dan rileks sehingga dalam proses diskusi terjalin dialog yang komunikatif memecahkan kesulitan atau hambatan yang dialami Tim Pengelola Keuangan. Selain itu terbangunnya paradigma berpikir yang baru terhadap peran dan fungsi auditor dari watchdog menjadi konsultan, katalisator dan mitra bagi klien dengan pendekatan yang digunakan lebih bersifat preventif (mencegah masalah).

Inspektur Daerah Kabupaten Belu, R. Th. Jossetiyawan Manek, S.Pt, dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan coffee morning sebagaimana dilakukan hari ini adalah bentuk implementasi tugas pengawasan oleh Inspektorat dalam rangka peringatan dini untuk mencegah terjadinya penyalagunaan keuangan di Puskesmas.  Inspektorat juga memiliki pojok konsultasi sebagai ruang pelayanan yang terbuka bagi pelaku pengelolaan keuangan daerah yang ingin mendapat masukan/konsultasi pengelolaan keuangan dari aspek pererencaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Tujuannya untuk menjamin bahwa pengelolaan keuangan telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Diharapkan bagi semua pelaku keuangan daerah termasuk Puskesmas untuk memanfaatkan forum ini secara optimal dan selalu mendekatkan diri dengan Inspektorat melaui pemanfaatan ponjok konsultasi setiap hari kerja.

Nara sumber dalam kegiatan ini adalah Inspektur, para Inspektur Pembantu Wilayah, para Auditor Muda dan Madya, pimpinan Kantor Pajak Pratama Atambua dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Belu selaku pimpinan Sarker Dana BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Belu.  Sementara pesertanya adalah Kepala Puskesmas, Bendahara Dana BOK, Bendahara Dana Kapitasi JKN dan Bendahara Barang pada 17 Puskesmas di Kabupaten Belu. (Damas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *