OPTIMALISASI SUMBERDAYA: OPSI STRATEGIS IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHUN 2020

Kamis 09 Januari 2020, Inspektorat Daerah Kabupaten Belu melaksanakan rapat internal perdana di  awal tahun 2020  untuk mengevalusi kinerja 2019 dan membahas action plan  strategis dalam rangka optimalisasi capaian kinerja Tahun 2020. Rapat ini diikuti oleh seluruh staf Inspektorat Daerah Kabupaten Belu.

Mengawali rapat ini, Inspektur Daerah Kabupaten Belu, R.Th. Jossetiyawan Manek, S.Pt menyampaikan ucapan selamat  Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020,  serta permohonan maaf kepada seluruh anggota keluarga Besar Inspektorat atas kekurangan yang dialalui dalam kebersamaan tahun 2019. Hal ini menunjukkan bahwa Inspektorat Daerah Kabupaten Belu dibangun atas pondasi rasa persaudaraan dan kekeluargaan satu sama lain.

Selanjutnya Inspektur menyampaikan bahwa optimalisasi capaian kinerja tahun 2020 sangat ditentukan oleh strategi action plan yang disepakati bersama. Strategi yang harus diterapkan Tahun 2020 sesuai diskusi terbatas pimpinan adalah optimalisasi sumber daya Inspektorat, secara khusus di Inspektur Wilayah dengan mendistribusi 16 kegiatan kepada empat (4) Inspektur Wilayah (Irwil) sebagai penanggungjawab teknis implementasi kegiatan  Tahun 2020.

Pembagian tanggungjawab masing-masing Irwil digambarkan sebagai berikut:

Irwil I, di bawah kendali, Bapak Drs. Remigius Hale bertanggungjawab atas pelaksanaan dan capaian kinerja kegiatan: Reviu Laporan Keuangan Tahun 2019, Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Pemutakiran Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) /Sapu Bersih Hasil Pemeriksaan (Saber HP) dan gelar pengawasan.

Irwil II, dibawah Pimpinan Ludovicus Kolo, S.Sos, bertanggungjawab atas pelaksanaan dan capaian kinerja kegiatan: Rencana aksi (Renaksi) KPK, Sosialisasi Pengawasan dan Pendampingan Pengelolaan Dana Desa, Fasilitasi Gratifikasi dan Reviu Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Tahun 2021.

Irwil III, dibawah Kemudi Arians Naimuti,ST bertanggungjawab atas pelaksanaan dan capaian kinerja kegiatan: Reviu Dana Alokasi Khusus (DAK), Reviu Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Reviu Dokumen Perencanaan dan Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Irwil IV, dibawah asuhan Drs. Matheus Mau, bertanggungjawab atas pelaksanaan dan capaian kinerja kegiatan: Reviu Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Belu dan Kegiatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Inspektur menegaskan bahwa tanggungjawab final atas semua implemetasi kegiatan tersebut di atas adalah Inspektur, tetapi pembagian dilakukan agar semua kegiatan dapat dilaksanakan sesuai rencana. Lebih dari itu, pembagian dilakukan untuk meningkatkan capaian kinerja Inspektorat Tahun 2020.

Selanjutnya, Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Belu, Nunik Widi Wahyuni, SE menyampaikan bahwa pembagian tanggungjawab atas semua kegiatan Tahun 2020 kepada setiap Irwil tidak berarti bahwa kegiatan dimaksud semata-mata dilakukan oleh setiap Irwil, tetapi Irwil berperan sebagai penanggungjawab untuk merencanakan, mengorganisir dan melaksanakan kegiatan dengan melibatkan semua staf di Inspektorat.

Dalam penyampaian ahir, Inspektur menegaskan agar masing-masing Irwil segera membentuk Tim pada masing-masing kegiatan sehingga rencana strategis yang sudah dibahas hari ini dapat dilakansanakan demi peningkatan capaian kinerja Inspektorat Tahun 2020. Hal penting lain yang perlu mendapat perhatian adalah optimalisasi penggunaan website sebagai media penyampaian informasi seluruh kegiatan Inspektorat dan perbaikan prasarana pendukung keyamanan ruangan kerja. Semoga strategi yang yang sudah dibahas dalam rapat ini dapat dilaksanakan untuk peningkatan capaian kinerja Inspektorat Tahun 2020. Akhirnya marilah kita berupaya untuk disiplin diri dan berusaha untuk mencintai serta setia pada pekerjaan-pekerjaan kecil.  “Barang siapa setia dalam perkara- perkara kecil, ia setia juga dalam perkara- perkara besar. Dan barang siapa tidak benar dalam perkara- perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”  Selamat Bekerja. (Damas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *