PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS: WUJUD KOMITMEN PIMPINAN DAN STAF MENJALANKAN TUGAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Senin 13 Januari 2020, Inspektorat Daerah Kabupaten Belu melaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas antara Inspektur Daerah Kabupaten Belu dengan pejabat struktural, pejabat fungsional dan staf Inspektorat Daerah Kabupaten Belu.

Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen bersama untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi  secara  bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan.

Integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran,  sedangkan pakta merupakan bentuk perjanjian. Dengan demikian,  pakta integritas merupakan pernyataan  janji  atau komitmen bersama sebagai bentuk pernyataan kesanggupan pimpinan dan seluruh perangkatnya untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku. Pakta integritas tentu tidak saja sebagai dokumen semata, tetapi diharapkan untuk diterapkan dalam seluruh kegiatan. Sebab

Penerapan penandatanganan perjanjian ini dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur sipil negara sanggup  melaksanakan tugas  dan peran secara akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik (good governence) sesuai  amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 499 Tahun 2011 tentang Pedoman umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah. Peraturan ini dilaksanakan dalam rangka pemberantasan korupsi dengan melakukan pembangunan zona integritas wilayan bebas korupsi. Mari kita  menunjukkan komitmen menjalankan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat dengan menandatangani pakta integritas, karena hal ini merupakan langka awal  menuju pengelolaan pemerintahan yang bersih  (clean governance) dan pemerintahan yang baik (good governance).  (Yulius Nurmansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *