Sosialisasi TP4D untuk mengawal pembangunan

Hari Rabu, 18 April 2018 bertempat di ruang rapat Inspektorat Kabupaten Belu, diadakan kegiatan Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala OPD dan PPK Pengadaan dari Dinas Kesehatan, RSUD, PUPR, P&K, Pertanian, BPKAD, Perdagind, Bapenda dan Bagian Pembangunan Setda Belu.

Kegiatan ini merupakan hasil dari koordinasi pemda, dalam hal ini Inspektorat, dengan instansi vertikal (Kejaksaan Negeri Belu) sebagai penyelenggara TP4D. turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Belu, R. Madelu SH. Kegiatan dibuka oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa tujuan TP4D adalah sebagai wadah komunikasi dan konsultansi demi transparansi pelaksanaan pembangunan. Penyelenggara pemerintahan dan pembangunan jangan menutup diri. Selain itu progress pembangunan fisik harus selaras dengan penyerapan anggaran.

Kajari Belu, dalam sambutannya menekankan hal-hal yang berhubungan dengan pengawalan pembangunan yang merupakan tugas dari TP4D. menurutnya, tugas TP4D adalah melakukan pendampingan supaya tidak ada halangan dalam pelaksanaan pembangunan. Tugas TP4D adalah terutama untuk memetakan permasalahan yang sering terjadi dalam proses pelaksanaan pembangunan. Karena itu salah satu hal yang harus dipatuhi oleh pelaksana pembangunan adalah kepatuhan terhadap isi kontrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *